image

KEMBANG TEBU

Ketika tanaman tebu mulai mengeluarkan bunganya, hal ini menandakan bahwa tanaman tebu telah memasuki usia panen. Hal ini disambut gembira oleh para petani tebu yang berarti panen telah tiba, dan berati pula perekonomian mereka juga akan bertambah. namun disadari atau tidak tanaman tebu untuk tahun ini kurang menggembirakan dikarenakan curah hujan yang tinggi yang berimbas pada hasil randemen yang dihasilkan tidak sesuai harapan atau rendah. Ini menjadikan hasil panen kali ini dibeli dengan harga murah oleh pabrik penggilingan tebu atau PG (Pabrik Gula)
Dengan curah hujan yang tinggi dan perubahan cuaca yang exstrem ini diharapkan dinas pertanian mampu memberikan bibit tebu yang yang berkualitas, yang tahan terhadap curah hujan yang tinggi namun hasil randemen yang dihasilkan tetap tinggi, ini merupakan harapan dari banyak petani tebu di Malang. Sebagai salah stu sentra penghasil gula nasional sudah selayaknya dinas terkait bekerja sama dengan para peneliti sesegera mungkin dapat mengeluar bibit baru.
Dengan kisaran harga jual tebu ke Pabrik Gula sekitar Rp. 35.000/kwt maka bisa di pastikan hasil panen tebu untuk tahun ini jauh dari apa yang diharapkan bahkan jauh dari hasil panen tahun kemarin yang mampu menjual hasil panen tebunya sekitar 49.000/kwt

0 komentar:

Posting Komentar